Corel Bukan Photoshop


Selamat malam sahabat master , ketemu lagi dipostingan blog yang paling fenomenal dari tangan admin yang tertampan sejagat blogger. Apa kabar nih sahabat? Admin akhir-akhir ini lagi belajar dasar-dasar desain loh sahabat, nah makanya postingan kali ini admin bakal bahas tentang desain. Tepatnya sih kita bakalan bahas mengenai software desain yang sangat amat fenomenal dan menuai intrik, yaitu Photoshop dan Corel Draw. Nah, tentu sahabat semua sudah tidak asing lagi dengan kedua software untuk desain ini kan?
 Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , dan versi terbaru adalah Adobe Photoshop CC. Photoshop ini adalah software khusus untuk pengeditan gambar loh sahabat. Nah , kalo profile dari software lawannya adalah berikut ini.

CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terbarunya, CorelDRAW X8 (setara dengan versi 18) dirilis pada tanggal 15 maret 2016. Pada tahun 1987,Corel menyewa programmer untuk membuat suatu aplikasi grafik berbasis vektor. yaitu, Michel Bouillon dan Pat Beirne. Diamana Perilisan awal pada tahun 1989. Corel ini dibuat sebagai software yang menggeluti bidang yang sama dengan photoshop yaitu desain.

Kebanyakan desainer grafis dan desainer gambar selalu bertengkar mengenai mana yang lebih unggul dalam dunia desain. Apakah photoshop? Atau coreldraw? Mari kita cari tau, check it out.

Didalam dunia desain, kedua software ini bukan menjadi hal yang aneh lagi. Kebanyakan desainer memperdebatkan mana yang jauh lebih baik. Menurut admin, keduanya itu sama baiknya dan luar biasa hebat dibidangnya masing-masing. Tentu , meskipun keduanya berada dalam medan desain tapi fungsi dan tujuan software mereka jauhlah berbeda. Untuk Photoshop adalah software yang dikhususkan untuk editing foto, manipulasi foto, penambahan efek foto, dengan semua tools yang lengkap untuk editing foto menjadi photoshop sebagai software editing foto terbaik yang pernah ada. Namun, untuk pembuatan banner,spanduk,baliho atau semacamnya Corel draw lah yang terbaik dikelasnya. Dikarenakan Corel adalah software yang dikhususkan untuk pembuatan desain vector yang kelebihannya adalah mengkompresi ukuran file menjadi jauh lebih kecil dari ukuran aslinya. Jika kita membuat baliho di Photoshop dengan ukuran 10 meter x 3 meter mungkin bisa mencapai puluhan bahkan ratusan megabyte ukurannya .
Tetapi dengan teknologi di corel draw , ukuran tersebut hanya akan mencara ratusan Kilobyte . Semua software memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing , So gunakan software sesuai dengan bidangnya masing-masing . Salam Teknologi


EmoticonEmoticon