Tips Praktik Kerja Lapangan

Selamat malam sahabat master , waaahhh sudah lama ya kita tidak berjumpa . Sahabat master , untuk kedepannya mari kita hidupkan kembali blog teristimewa ini agar dapat menghidupkan kembali dunia teknologi dan informasi di negeri kita Indonesia ini . Mari kita bangun Indonesia menjadi negeri yang maju dibidang teknologi dan memiliki budaya pintar berteknologi dan informasi . Oiya ,minal aidzin wal faidzin yaa sahabat master , ga kerasa nih lebaran sudah lewat 1 bulan aja .Ga kerasa juga liburan panjang sudah berakhir.

lancar dan disukai perusahaan

Sahabat master , sekarang ini biasanya lagi musim anak-anak sekolah atau kuliah itu lagi melaksanakan kegiatan prakerin (praktik kerja industri) atau biasa disebut PKL (Bukan pedagang kaki lima ya sahabat master heheheh). Nah sesuai nih sama momennya , kali ini admin bakal sharing mengenai Tips dan Trik Dalam Melaksanakan PKL

PKL atau Prakerin biasa nya menjadi bagian dari kurikulum pendidikan di tingkat akhir,untuk saat ini di sebagian sekolah menengah kejuruan sederajat kegiatan ini dilakukan selama 6 bulan lamanya .Wahhh , luamayan tuh sama kaya pegawai baru yang kontrak nya 6 bulan. Tapi kebanyakan sahabat-sahabat kita itu keder karena terlalu lama di perusahaan , nah sekarang langsung aja nih pantau postingan admin sampe akhir . Check it out ..
ketika pkl atau prakerin
1. Tentukan Target dan Tujuan

Nah sahabat master , segala sesuatu itu memang harus di rencanakan dengan sangat matang demi mendapatkan hasil yang sangat maksimal . Jadi ini adalah langkah awal kalian menentukan dimanakah tujuan sahabat master akan menjalani kegiatan PKL tersebut dan apa saja targetnya. Menentukan hal seperti ini bisa menjadi modal sahabat untuk menempuh dunia kerja kedepannya , contoh apabila sahabat di jurusan Programmer atau Rekayasa perangkat lunak yaa sahabat harus mencari tempat PKL yang sejalan tugasnya dengan jurusan sahabat . Jangan sampai jurusan sahabat itu programmer tapi PKL di tempat fotocopyan kan itu ga nyambung wkwkwkw . Tapi kebanyakan sekolah sudah memplotkan siswa/i nya di perusahaan tertentu , kalo ga nyambung sama jurusan gimana dong master ? Tenang ga perlu galau ,kita tengok poin selanjutnya .

oleh perusahaan
2. Mencari Informasi Perusahaan

Ini adalah hal penting kedua yang harus sahabat kuasai , mengapa demikian ? ada pepatah “Tak kenal maka tak sayang ,tak sayang maka tak cinta.” Nah maka dari itu setelah sahabat mendapatkan tempat tujuan sahabat , silahkan mencari informasi sebanyak-banyak nya mengenai perusahaan tersebut . Hal ini dilakukan agar sahabat bisa lebih intim loh dengan perusahaan wkwkwk , barangkali dengan mengetahui sejarah perusahaan tersebut Perusahaannya tergerak hatinya untuk memberi salary setara karyawan wkwkwkwk .



hrd dan pimpinan perusahaan3.Inisiatif

Ini adalah bagian terpenting yang harus menjadi budaya didalam hidup sahabat master sekalian , Inisiatif dalam segala hal yang berhubungan dengan positif . Jangan hanya menunggu perintah tapi coba kerjakan apa yang memang menurut sahabat bisa membantu tapi yaa jangan so tau juga ya .Bertanya secukupnya dengan bekerja sepenuhnya ,perusahaan akan menyukai orang orang yang memiliki kepekaan yang sangat tinggi terhadap lingkungannya .

Nah ini juga lanjutan dari point ke 1 , apabila sahabat ditempatkan di tempat yang kurang sesuai dengan jurusan sahabat bisa inisiatif sendiri menawarkan diri dan kemampuan sahabat sesuai peluang yang ada . Contoh nih , sahabat jurusan rekayasa perangkat lunak yang di tempatkan di tempat fotocopyan . Nah dari sini sahabat bisa melihat peluang , coba tawarkan kepada atasan apakah beliau bersedia jika dibuatkan program untuk kalkulator fotocopyan yang dinamis dan elegant ? atau mungkin website fotocopy agar lebih sedikit techno terlihatnya kwkwkwkw. So , nothing impossible there is only I’m possible .

sangat penting dalam kehidupan4. Siapkan Mental Dan Jaga sikap

Setelah semua siap yang terpenting adalah mental dan sikap . Sudah pasti , yang terpenting adalah attitude atau sikap . Jadi perhatikan sikap dan siapkan mental , dunia kerja tidak selembut dunia pendidikan di Indonesia .


terarah capai tujuan


5. And the last is , Find The Point .

Saya menemukan satu point penting dikehidupan , apa itu ? Temukan polanya , maka kamu akan tau bagaimana akhirnya . Semua hal dihidup ini itu sudah ada polanya masing masing , so temukan pola hidupmu . Jika tidak menemukannya ,mulailah menentukan bagaimana pola hidupmu .




Oke mungkin segitu aja tips dari master, see you on 10 p.m every day . So stay tune , di website master yang akan memberikan informasi menarik setiap harinya . 


EmoticonEmoticon