PHP Zaman Old Sampe Zaman Now


Selamat malam sahabat master , wahh udah cukup lama juga ya admin ga posting . Maaf nih , kemarin lepi tercinta sedang drop dan harus di operasi dan Alhamdulillah sekarang lepi admin udah sehat wal afiat seperti sedia kala . Nah , kali ini admin bakal share mengenai pelajaran sejarah nih , tepatnya yaitu sejarah bahasa pemrograman yang paling fenomenal di abad ini. Pada tau ga kalian bahasa pemrograman apa nih ? Yuk langsung check it out aja ..


Bahasa pemrogramman yang sedang ngetrend itu salah satunya ada PHP , tapi bukan pemberi harapan palsu yaa sahabat master . PHP itu kepanjangan dari Hypertext Preprocessing tapi tau ga sahabat master kalo PHP itu pernah mengalami perubahan nama loh . Nama awalnya adalah Personal Home Page atau bahasa indonesianya sih situs personal atau situs pribadi. Nah , pada saat perkembangan PHP yang ke 3 nama PHP ini diubah menjadi Hypertext Preprocessing . Yuk kita intip perkembangan PHP dari zaman ke zaman .



PHP itu dibuat atau dirancang pertama kali oleh Bapak PHP Dunia yaitu Rasmus Lerdoft pada tahun 1955. Nah , mungkin kebanyakan sahabat ga tau , nama lain PHP waktu itu disebut juga FI atau kependekan dari Form Interpreted atau bias disebut juga kumpulan script yang mengirimkan data dari form yang diisi pengguna. Dari awal dibuat sampai sekarang ini PHP adalah bahasa pemrograman open source dan banyak diminati oleh para programmer untuk pengembangannya .


Seiring waktu berjalan pada bulan November 1997 PHP atau FI ini mengalami kemajuan yaitu mulai dirilisnya PHP atau FI versi ke 2. PHP 2 ini adalah cikal bakal dari PHP 3 yang memiliki kualitas lebih keren . Pada PHP atau FI 2 ini juga sudah dilengkapi modul-modul atau ekstensi yang mampu meningkatan performa nya di dunia maya .

Waktu terus berjalan dan pengembangan selalu dilakukan , versi ke 3 ini dirilis pada bulan Juni 1998 tepat satu tahun setelah PHP 2 . Cerita awal pengembangannya pada 1997 ada perusahaan bernama Zend , menulis ulang interpreter PHP ini menjadi jauh lebih bersih dan lebih baik lagi  dan pastinya jauh lebih cepat dibanding PHP 2 . Nah Kemudian sekitar bulan Juni Tahun 1998 perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan Meresmikan nama rilis tersebut menjadi PHP 3.0 fasilitas tambahan pada PHP versi 3 dibandingkan sebelumnya, selain tmenambahkan fungsi fungsi baru, juga mendukung beberapa akses ke banyak database, pengelolaan protokol, dan sistem API. Dari versi 3 lah singkatan PHP muncul, yaitu Hypertext Preprocessing.

Nah sahabat master , versi php selanjutnya itu versi dingin loh karena emang dirilis di musim dingin heheheh . PHP Versi 4.0, pada musim dingin tahun 1998, menulis bahasa pemograman PHP ini untuk membuat ketangguhan bahasa pemogramanini. Akhirnya pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal PHPB 4.0. PHP 4.0 adalah versi terbaru pada masa itu uang memiliki banyak pemakainya. Versi ini banyak dipakai sebab memiliki kemampuan untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi memiliki kecepatan proses dan stabilitas yang lebih tinggi.

PHP Versi 5.0, pada bulan Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0 sebagai versi terbaru, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar dan dikenal model pemograman kearah program berorientasi objek baru untuk menjawab perkembangan bahasa pemograman kearah program berorrientasi objek. Versi terbaru dari bahasa pemograman PHP adalah versi 5.6.4 yang resmi rilis pada tanggal 18 Desember 2004. 

PHP Versi 6.0, sejak tahun 2005 pengembangan PHP 6.0 terutama dalam kemampuannya mendukung Unicode, untuk PHP bisa mendukung berbagai jenis karakter bahasa non-latin. Akan tetapi dikarenakan beberapa alasan seperti kurangnya programming pada masa itu dan membuat performa yang todak memuaskan, pengembangan PHP 6.0 pun dihentikan dan fitur fitur yang seharusnya ada di PHP 6.0 telah dimasukan ke dalam PHP 5.0.
PHP Versi 7.0, pada tahun 2014, sebuah proyek lanjutan PHP mulai mengemuka, yakni PHP 7. Kalangan programming sedikit bingung dengan penamaan versi PHP yang akan dirilis ini, apakah akan menyebutnya sebagai PHP 6 atau PHP 7. Walaupun PHP versi 6 telah resmi ditinggalkan, namun banyak artikel dan buku yang ditulis mengenai PHP 6. Setelah mengambil voting, nama PHP versi 7 akhirnya menjadi keputusan final. Dengan demikian, kita tidak akan melihat PHP versi 6, dan langsung ‘loncat’ ke PHP 7. PHP 7 berkembang dari proyek experimen yang dinamakan PHPNG (PHP Next Generation). Proyek PHPNG bertujuan untuk menyusun ulang kode PHP untuk meningkatkan performa. Pada Juli 2014, sebuah percobaan mendapati hasil bahwa PHPNG mengalami peningkatan performa hampir 100% dari versi PHP sebelumnya.


Nah mungkin segitu aja deh untuk kali ini , oiya admin dapet referensi postingan ini itu dari website resminya php yaitu https://wiki.php.net/ . Salam Teknologi ~


EmoticonEmoticon