Kelebihan dan Kekurangan E-Money


Hai sahabat master ketemu lagi di postingan kedua admin tertampan dan terkece di jagat blogger ini . Oke setelah pembahasan mengenai mengapa kita harus memiliki handphone android , kita lanjut nih masih sama bahasannya tentang kemajuan teknologi. Sekarang admin ingin memberi informasi mengenai kelebihan dan kekurangan uang elektronik yang sekarang lagi ngetrend , so apa kita harus meninggalkan uang kertas ? atau kita tetap setia dengan uang kertas ? yuk check it out .
 
Kemajuan teknologi terus menerus mengejar setiap waktu yang berdetak , sampai-sampai sekarang ini lagi ramai-ramainya nih menjadi perbincangan mengenai uang elektronik. Gimana sih awal mulaya uang elektronik ini terbentuk atau dibuat ? Akar dari sejarah uang elektronik dapat ditemukan dalam peningkatan penggunaan komputer. Pada tahun 1860, Western Union memperkenalkan electronic funds transfer (EFT) yang menandai dimulainya era uang elektronik. Pada tahun 1964, sebuah sistem reservasi operasional penerbangan dengan sistem pemrosesan transaksi real time didirikan oleh Semi-Automatic Business Research Environment (SABER).

Saluran telepon terhubung ke terminal yang dipasang di bandara dan pemesanan dapat dilakukan dengan menggunakan kredit, hal ini pertama kalinya terjadi dalam sejarah. Pada tahun 1970, semua cabang bank di Eropa dihubungkan menggunakan mainframe. Perancis menyaksikan penggunaan uang elektronik, dengan diperkenalkannya layanan Mintel. Terminal Mintel Prancis diberi biaya gratis untuk semua orang sehingga mereka bisa menggunakan terminal ini untuk belanja secara online.

Nah , kelebihan dan kekurangannya apa saja sih ? kuy kita bahas . Kelebihan yang pertama yaitu Hemat Waktu. Sebenarnya efektivitas penggunaan uang elektronik dibanding pembayaran tunai secara nyata dapat terlihat dari antrian kendaraan tol. Jalur yang memanfaatkan penggunaan uang elektronik jauh lebih cepat bergerak dibandingkan yang menggunakan pembayaran tunai. Hanya dengan meletakkan kartu pada mesin, secara otomatis transaksi Sahabat sudah tercatat sehingga Sahabat bisa lebih hemat waktu. Yang kedua yaitu Praktis Dibawa Kemana Saja, cukup mebawa kartu atau membawa handphone sahabat sudah bisa bertransaksi ria tanpa repot-repot lagi membawa uang kertas yang banyak. Kelebihan yang ketiga, Terbebas dari uang receh kembalian . Bukan jadi rahasia umum lagi , kebanyakan orang sangat membenci uang receh yang terlalu banyak , nah dengan uang elektronik ini sahabat bisa membayarnya secara pas sampai ke digit paling akhir tanpa kembalian , jadi ucapkan selamat tinggal pada uang receh .

Selain kelebihan tentu setiap hal itu pasti memiliki kekurangan , kekurangan uang elektronik adalah salah satunya dari kesimpelan yang ditawarkannya . Seperti meningkatkan keborosan sahabat karena merasa semua pembayaran bisa dilakukan dalam satu kali gesek saja , atau bisa jadi sahabat lupa mengambil atau membawa nya sehingga hilang dan berpindah tangan kepada orang lain . kekurangan lainnya yaitu , Jika kartu uang elektronik patah atau chipnya tidak lagi terbaca, Sahabat tidak dapat melakukan klaim atau pengembalian sisa saldo yang ada pada kartu tersebut, hal ini tentu cukup riskan dan perlu kehati-hatian ekstra saat Sahabat menyimpan kartu di dalam dompet. Untuk mencegah hal ini, selain meletakkan kartu dengan baik, sebaiknya Sahabat juga hanya mengisi saldo sesuai kebutuhan saja, ya .
So , Bijaklah dalam kemajuan teknologi jangan juga meninggalkan semua transaksi tradisional . Salam Teknologi


EmoticonEmoticon