Cara Menulis dan Menyusun Artikel dengan Baik dan Benar

Menulis merupakan salah satu hobi yang bisa kamu miliki, kamu bisa bebas menulis sesuai apa yang kamu pikirkan atau menulis dengan idemu. Menulis dapat membuat wawasan mu bertambah atau cara menulismu yang semakin baik, dari tata bahasa hingga susunannya akan terus meningkat.

Terkadang banyak orang yang sudah sering menulis tapi masih kurang ilmunya alias kadang masih amburadul tata bahasanya, sama kaya saya juga masih belum baik dalam menulis, tapi saya disini terus belajar bagaimana mengelola blog yang saya punya dengan tangan saya sendiri sebagai seorang pelajar.

tips menulis artikel

Kali ini saya ingin bagi sebuah tips dan cara bagaimana menulis dan menyusun artikel dengan baik dan benar. Mudah-mudahan dengan beberapa tips yang saya berikan bisa manjur buat kamu yang masih banyak kendala.

1. Tentukan Tema
Tema, sangat penting sekali untuk tema, kenapa saya katakan penting? Karena tema adalah inti dari artikel, coba aja kamu buat artikel tentang internet tapi kamu ambil tema komputer tentu berbeda bukan? Sama halnya dalam point satu ini, kalau kamu mau nulis artikel tentang kesehatan maka kamu ambil temanya kesehatan, kalau sub tema? sub tema juga boleh kamu gunakan, yang bisa membantu kamu nantinya menentukan judul

2. Riset 
Riset, disini maksudnya kita riset secara langsung atau tidak langsung dengan tema yang kita tentukan sebelumnya, misalnya kamu ambil tema internet maka kamu bisa riset apa itu internet, kegunaannya, kelebihan, kekurangan bahkan sampai fungsi internet dalam kehidupan sehari-hari. Itu contohnya, riset seperti ini bisa membantu kamu supaya tidak terlalu sulit membuat isi artikel.

3. Buat Ide Gagasan lalu Kembangkan
Ide, merupakan cara yang penting dalam menulis artikel, setelah kamu tentukan tema dan riset tema kamu, maka cara ide gagasannya atau pokok yang akan dibahas, setelah ketemu kembangkan dan buatlah kata - kata itu menjadi panjang tanpa membuat orang simpang siur. Maksudnya, hasil kalimat yang dikembangkan tidak menjelaskan secara berkali-kali.

4. Buat Kalimat, dan Jadi Paragraf
Ini hal yang tidak terlalu sulit, karena kalimat bisa kamu buat dari ide - ide yang kamu temukan, lalu paragraf dibuat dari beberapa kalimat. Menyusun kalimat memang mungkin sedikit sulit, karena tidak punya banyak kosakata dalam pikiran kita. Sehingga agar lebih memudahkan dalam membuat kalimat kita harus terus mencari wawasan dari berbagai sumber, baik membaca artikel dari blog orang, membaca buku, ensiklopedia, atau langsung praktik dengan orang yang memiliki tata bahasa yang baik seperti guru bahasa Indonesia.

5. Cek Ulang
Ini hal yang penting, cek ulang artikel mu yang sudah jadi sebelumnya, karena dengan mencek ulang bisa merubah beberapa kesalahan yang ada. Jangan terlalu membiasakan diri menulis sambil mengkoreksi kesalahan pada artikel karena hal ini membutuhkan waktu yang banyak bahkan dua kali lipat dari menulis saja. Dampak lainnya yaitu membuat kita tidak tahu apa yang akan dibuat selanjutnya dalam artikel kita atau malah memikirkan kata kata yang cocok selanjutnya.

Ingat, tidak hanya cara menulis saja yang membuat artikelmu itu baik, kamu harus tau susunan artikel yang baik terlebih dahulu

1. Pembukaan Artikel
Pembukaan artikel menurut saya sangat penting, kenapa demikian? Kamu bayangkan aja kalau kamu menjadi pembaca lalu membaca sebuah artikel yang langsung merujuk pada isi artikel, gimana rasanya? Yang ada tidak ada ketertarikan untuk membaca isinya alhasil gajadi deh bacanya. Kamu bisa buat pembukaan dengan salam terlebih dahulu, lalu dikalimat kedua atau ketiga pada pembukaan kamu bisa buat kalimat untuk membuat pembaca itu penasaran, seperti kali ini saya akan berbagi bla bbla bla atau kamu bisa buat pembaca dengan gaya bahasamu sendiri.

2. Isi Artikel
Ini yang paling penting, isi artikel, percuma kamu ada pembuka artikel lansung ke penutup tanpa ada isi artikel sedikit pun, yang ada kamu di cap sebagai apapun itu oelh pembaca anntinya. Isi artikel ini adalah isi dari pokok bahasan yang akan kita buat. tanpa isi artikel maka artikel kamu sama aja dengan nilai nol.

3. Penutup
Penutup memang tidak wajib, tapi alangkah baiknya artikel yang kita buat memiliki penutup yang baik, untuk apa? Untuk membuat pengunjung betah atau ngerasa enak dengan adanya penutup, contoh penutup yah seperti " Itu saja mengenai bla bla bla, terimakasih telah baca dan sampai jumpa" Ini contoh aja ya, kamu bisa buat sendiri dan sesuaikan dengan isi artikel yang kamu bawakan.

Itulah cara dan susunan cara dalam menulis artikel yang baik dan benar, sebagai seorang penulis sudah seharusnya kita melatih terus tulisan - tulisan yang kita buat agar menjadi lebih baik lagi, karena dengan belajar dari kekurangan sebelumnya yang akan membuat kita menjadi lebih baik. Itu saja dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan, silahkan berkomentar, dan sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya.


EmoticonEmoticon