Apa Perbedaan Template Gratis dan Premium

Saat ini sudah banyak orang ataupun situs yang menyediakan template blog baik blogger ataupun wordpress. Namun banyak orang tidak tahu apalagi seorang pemula perbedaan pada template gratis dan premium. 

Perbedaannya sangat jelas sekali, singkatnya kalau yang gratis itu ada credit si pembuatnya, biasanya tidak ada support dari pembuat serta credit tidak boleh dihapus. Tapi kalau premium itu lebih banyak fiturnya, oke contohnya kaya situs dropbox, nah kalau yang gratisankan biasanya dapet 5GB-an tapi kalau upgrade atau bayar premium dapet lebih penyimpanan sampe 50GB lebih. Begitu juga dengan template blog yang premium, oke saya paparkan terlebih dahulu perbedaan template gratis dan berbayar(premium).
template gratis dan premium

Template Gratis

  1. Memiliki kredit pembuat, kredit sama saja seperti hak cipta, kalau misal pada template blog kita rubah kredit tersebut karena template gratisan maka pembuat berhak melakukan ataupun kepada blog yang kita miliki bisa-bisa pembuat melaporkan dan meminta mesin pencari menghapus blog kita, kan sayang kan.
  2. Tidak ada support, biasanya template gratisan jarang sekali memiliki support dari pembuat, kalau adapun tidak sepenuhnya membantu hanya yang mendasar saja.
  3. Fiturnya sedikit, biasanya kalau template yang kita gunakan itu ada premiumnya biasanya yang gratisannya memiliki fitur yang lebih sedikit misal kamu punya template vienna dari arlina yang gratisan, sedangkan ada yang premium, nah yang gratisan itu ada fitur yang berbeda dari premiumnya.

Template Premium atau Berbayar

  1. Tidak ada kredit, nah yang paling utama kalau template premium itu ga ada kredit atau boleh menghapus kredit yang ada bisa juga kustomisasi kredit tersebut sesuai yang kita inginkan.
  2. Ada bantuan dari pembuat, nah kalau kita punya template premium, lalu kita punya banyak kendala atau kesulitan dalam template tersebut kita bisa meminta bantuan pembuat untuk mengatasi masalah yang kita miliki
  3. Ada Fitur Khusus, Fitur ini yah khusus, misalnya adanya fitur mag, atau warna khusus, atau tampilan yang ciamik dan lain sebagainya.
  4. Bayar, yang pasti kalau template premium itu harus bayar dulu kalau ga bayar mah mana mungkin punya template premium... hehehe...
Nah, itu aja deh perbedaan antara template premium dan berbayar, selain mengenai template kamu harus pelajari tips menghilangkan rasa bosan dalam ngeblog.Oh ya bagusnya mah pasti yang berbayar tapi kalau ga punya uang jangan maksain rengek-rengek uniko yah, tetep usaha karena mau gratis mau bayar sama aja boong kalau blog kita itu ga ada apa-apanya. 


EmoticonEmoticon