Laporan Hasil Observasi Ikan Konsumsi



Disusun Oleh:
  1. Arya Adhi Prasetya
  2. Annita Puteri
  3. Ardhika Nur Ramadhan
  4. Ari Aliansah
  5. Aldy Ramadhan

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

WIKRAMA (WIYATA KRIDA MANGGALA)

REKAYASA PERANGKAT LUNAK

BOGOR

2017



BAB 1

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Di wilayah Indonesia banyak yang membudidaya ikan konsumsi maupun budidaya ikan hias, karena wilayah Indonesia terdapat lahan perairan dan pertanian dan perikanan yang sangat banyak dan Indonesia kaya akan lahan yang hijau. Sedangkan hanya sedikit orang yang membudidaya ikan konsumsi maupun budidaya ikan hias, karena kebanyakan orang mereka hanya mengandalkan faktor alam.

Banyak ikan yang bisa di budidaya, misalnya ikan lele, ikan nila, ikan bawal dan masih banyak lagi. Membudidaya ikan tidaklah rumit, hanya saja kita harus mempunyai niat dan semangat untuk membudidaya ikan tersebut.

Kebanyakan orang tidak ingin mencoba membudidayakan ikan adalah Karena beberapa hal bisa Karena minim nya pengalaman dalam melakukan pembudidayaan ikan dan juga kurang berani nya pembudidaya mengambil resiko dalam mengambil suatu keputusan ,dan juga keterbatasan biaya yang membuat mereka terpaku hanya dalam usaha yang skala kecil saja.

Itulah sebabnya kami ingin melakukan observasi lapangan ke tempat pembudidaya ikan konsumsi maupun ikan hias bagaimana mereka bisa sukses menjalakan usaha nya dengan lancer dan bagaimana mereka melakukan tindakan ,keberanian dalam melakukan sesuatu hal.

2. Tujuan


  •  Mengetahui cara pembudidayaan ikan secara benar.
  • Menghadapi beberapa factor yang akan terjadi dalam pembudidayaan ikan.
  • Mengimplementasikan Hal yang didapat dari observasi ke pembudidayaan ikan disekolah.
  • Menambah wawasan tentang beragam nya proses pembudidayaan ikan.
  • Mendapatkan beberapa tips dari pembudidaya agar lancal dalam melakukan pembudidayaan ikan.
  • Dapat membedakan bibit yang baik dan unggulan.
  • Menghindarkan beberapa masalah non teknis dalam pembudidayaan.


3. Manfaat

  • Sebagai sarana pembelajaran membudidayakan ikan konsumsi.
  • Mengetahui proses pembudidayaan dari 0.
  • Menambah pengalaman tentang kegagalan pembudidaya.



BAB II

ISI

1. Nama dan Tempat Budidaya Ikan Konsumsi

Nama : Pemancingan Bapak Ukun

Alamat : kp.Cibandawa RT 03/07 Ds.Ciburuy Kec.Cigombong

2. Jenis Ikan Yang Di Budidayakan

  • Ikan Lele
  • Ikan Bawal
  • Ikan Nila
  • Ikan Mas

1. Pembahasan

Pengertian

Ikan konsumsi adalah jenis-jenis ikan yang lazim dikonsumsi sebagai pangan manusia.ikan konsumsi dapat dikelompokan berdasarkan habitat hidupnya yaitu di laut dan juga diperairan di darat atau sering kita sebut ikan air tawar.ikan yang hidup di laut maupun di air tawar sebagai pangan konsumsi biasanya diperoleh dengan menanggkap dari alam maupun dibudidayakan.

Pembahasan Observasi

Narasumber yang kami wawancarai yaitu Pak Ukun yang merupakan pemilik dari pemancingan Ukun.Beliau menceritakan pengalaman nya saat merintis usaha nya ini dari bagaimana beliaujatuh bangun menghadapi naik turun nya pendapatan dan menyelesaikan semua permasalahan dengan ketenangan dan kepala dingin.Beliau memulai usahanya sekitar tahun 2015-an dimana beliau memulai membudidayakan ikan lele dikolam alami.

Setelah beberapa bulan beliau terpikir untuk melakukan pembenihan dan didapatilah beberapa indukan. pemberian makan yang baik dan terawatnya kolam juga mempengaruhi proses pemijahan.

Alasan Ukun memilih ikan lele dalam memulai usaha nya adalah Karena ikan lele sangat mudah dibudidayakan dimana ikan lele tidak perlu memperhatikan suhu atau keadaan air, tidak hanya itu, bapak ini memilih ikan lele karena perawatannya tidak terlalu sulit.

Sarana dan prasarana yang digunnakan dalam membudidayakan ikan konsumsi ini yaitu kolam yang cukup airnya disesuaikan dengan lebar dan tinggi kolam nya, air yang cukup mengalir Karena dengan mengalirnya air terdapat banyak oksigen dan juga penampungan untuk larva larva hasil perkawinan,serta tidak lupa tempat pemijahan indukan.

Teknik dalam membudidayakan ikan konsumsi Teknik sederhana yang penting harus terdapat indukan yang cukup usia dan juga matang bisa dilihat dengan indukan yang bagus, karena hanya dengan indukan yang bagus, ikan yang ada di kolam dapat berkembang secara alamo

Faktor kegagalan dalam membudidaya ikan konsumsi adalah factor cuaca.Khususnya apabila kondisi cuaca sedang hujan, kolam miliknya sering kebanjiran dan terkadang menyebabkan banyak ikan yang mati.

Biaya produksi dan timbal baliknya biaya produksi tergantung kualitas ikan yang kita budidayakan semakin baik kualitasnya maka semakin tinggi pula peluang keuntungan yang didapatkan.

Ancaman dalam membudidayakan ikan konsumsi adalah ketika kekeringan air yang dibutuhkan akan semakin sulit Karena pasokan air akan menipis penting bagi kita mencari sumber air yang baik bagi kita dan tidak tercemar ikan Karena kualitas suatu produk dilihat dari perawatannya.

BAB III

PENUTUP

Melakukan pembudidayaan ikan hanya memerlukan niat dan usaha yang serius. Apabila tidak serius maka tidak akan ada hasil. Apabila gagal dipertengahan jalan, lanjut cari solusi bukan mundur, karena tidak ada seseorang yang sukses dengan latar belakang yang hebat.

Semoga bermanfaat.



EmoticonEmoticon