TKJ vs RPL (Part 1)

Selamat siang sahabat master , nah mungkin sahabat sekarang ada yang mau masuk smk ? tapi bingung harus pilih jurusan apa ? ingin ke bagian it ? TKJ kah atau RPL ? mari sama sama kita bahas ..

Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) adalah suatu jurusan yang terdapat di SMK/STM yang mempelajari seluk-beluk dunia komputer dan jaringan komputer, mulai dari cara instalasi SO (Sistem Operasi), menangani masalah pada PC, memperbaiki PC, membuat jaringan LAN atau yang lainnya, membuat WEB, dan masih banyak lagi.

Sekarang ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat populer/banyak peminatnya, meskipun banyak sekali saingan dari jurusan TKJ yaitu jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), jurusan Multimedia, dan lain-lain.

Jurusan TKJ sangatlah mudah untuk dipelajari hanya modal kemauan untuk belajar dan belajar. Saya juga dulu tidak tahu apa itu TKJ, tapi setelah sekolah di jurusan ini saya jadi banyak tahu mengenai bagaimana memperbaiki PC, menginstalasi Jaringan LAN maupun yang lainnya.

TKJ adalah singkatan dari Teknik Komputer Jaringan.TKJ merupakan sebuah kejurusan yang mempelajari tentang cara-cara merakit komputer dan menginstalasi program komputer.Kejurusan ini hanya ada di STM/SMK.Program keahlian TKJ berbeda dengan RPL(Rekayasa Perangkat Lunak).RPL adalah jurusan yang mempalajari tentang program-program yang ada di komputer dan jika kita mengambil jurusan ini kita akan menjadi seorang programmer .

Sekarang ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat populer/banyak peminatnya, meskipun banyak sekali saingan dari jurusan TKJ yaitu jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), jurusan Multimedia, dan lain-lain.

Teknik komputer dan jaringan (TKJ) merupakan model pendidikan kejuruan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Teknik komputer dan jaringan saat ini keberadaannya sudah mulai terlihat dimata publik, dimana jurusan ini merupakan jurusan yang sudah mendekati ilmu praktisi yang langsung dapat diimplementasikan dilingkungan dunia kerja profesional. Menjalani jurusan teknik komputer dan jaringan tidak semudah yang dibayangkan oleh beberapa peminat khususnya calon siswa yang mendaftar pada jurusan ini. Jurusan Teknik komputer dan jaringan ini dapat dicapai dengan maksimal ketika ditunjang dengan bakat seseorang, disinilah letak persolan jurusan ini.

Karena jika sesorang mengikuti program TKJ sementara jurusan ini tidak dapat dijiwai dengan baik maka akan terasa berat dalam hal implementasi dilapangan sementara promosi yang sudah ada dimata publik adalah jurusan yang sudah siap diimplementasikan dalam dunia kerja khususnya diperusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang Jaringan.

ada beberapa alasan utama mengapa jurusan ini diminati oleh pada siswa diantaranya :
1. Melihat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari bagi setiap orang yang dimana pekerjaannya sebagian besar menggunakan teknologi informasi misalnya Komputer, Handphone, IPOD dan lain sebagainya;

2. Transaksi bisnis saat ini rata-rata sudah bergantung kepada mesin-mesin yang bekerja selama 24 jam misalnya perusahaan-perusahaan Hosting, Bank, perusahaan yang bergerak dibidang Komunikasi sekalipun;

3. Setiap hari, setiap bulan dan tahun teknologi informasi berkembang tiada henti seiring dengan perkembangan jaman khususnya dijaman digitalisasi seperti sekarang ini;

4. Peluang kerja di era kedepan sudah dipastikan manusia dapat berinteraksi dengan mesin-mesin yang bekerja secara kontinyu, dimana manusia beperan sebagai kontrol terhadap mesin-mesin tersebut;

5. Dalam kehidupan sehari-hari manusia sudah sangat bergantung kepada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi baik itu dibigan usaha, ekonomi, perbankan, perindustiran, bahkan saat ini sudah mermbah kebidang pendidikan dan lain sebagainya.
(TKJ) adalah program keahlian yang bertujuan membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam merakit, menginstall program, merawat dan memperbaiki komputer serta jaringannya. Siswa TKJ (meskipun belum tamat) mampu bekerja sebagai teknisi komputer dan administrator jaringan di toko/ servis komputer, kantor, hotel, bank atau ISP baik di tingkat lokal (nasional) maupun luar negeri.

Tujuan Program Keahlian
1.     Menginstal perangkat jaringan berbasis local
2.     Menginstal perangkat jaringan berbasis luas (global)
3.     Menginstall perangkat computer personal dan menginstall system operasi dan aplikasi
4.     Merancang bangun dan mengadministrasi jaringan berbasis luas.
Dikelas X, atau sepuluh kita diajar bagaimana cara merakit beberapa komputer dan laptop. juga beberapa komponen lainnya semisal printer, apabila membongkar suatu PC kita diajar untuk mengenali semua komponen yang ada didalamnya, mendeskripsikan spesifikasinya misal hardisk, tipenya apa, mereknya, kapasitasnya, fungsinya, perkembangannya, dan masih banyak lagi. selain itu kita diajar untuk mendiagnosis kerusakan yang terjadi pada sebuah PC.

kemudian mengelompokannya sesuai jenis kerusakannya. kode kode kesalahan baik yang didengarkan melalui suara (beep) ataupun yang terlihat. selain belajar dari komputer komputer di lab, mungkin kita akan diajak keluar untuk melihat kerusakan kerusakan komputer di sekitar sekolah kita baik itu di kantor kantor maupun disekolah sekolah lain. karena guru mengharapkan kita agar kita tidak berangan angan saja melainkan langsung mempraktekan apa yang diketahui. Dikelas XI kita mulai diajar mengenai jaringan local, misal membuat kabel UTP dan menghubung hubungkan komputer sekitar dengan menggunakan switch, menggunakan satu printer untuk dipakai 30 siswa dalam kelas dengan satu slot. menarik bukan. tapi sebelum itu melaksanakan PRAKERIN merupakan hal yang sangat mendominasi pertambahan pengetahuan yang menjadi keahlian siswa. karena selain belajar langsung di dunia luar (industri), kita juga mendapat pengetahuan tentang arti sebuah kehidupan. saaah. nah dikelas XII,, coba aja sendiri masuk jurusan TKJ.
  1. PELUANG TKJ DALAM BEKERJA
    Dari segi peluang kerja setelah lulus sangat banyak peluangnya. Mulai dari menjadi teknisi komputer, teknisi jaringan, membuka toko komputer, atau bisa juga membuka warnet sendiri.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Level Kualifikasi Kompetensi Kompetensi Dasar
Level 1 1.        Merakitpersonal computer Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
Melakukan instalasi komponen PC
Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer
Mengatur komponen PC menggunakan software(melalui setup BIOS dan aktifasi komponen sistem operasi).
Menyambung periferal menggunakan Software
Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasanganperiferal.
2.        Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan software (sampling) dan melakukan troubleshooting
3.        Menerapkan Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja Menjabarkan UU keselamatan kerja
Menerapkan prosedur standar keamanan manusia
Menerapkan prosedur standar keamanan alat
Menerapkan prosedur lingkungan kerja tentang kesehatan, keselamatan dan keamanan.
4.        Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar Menerapkan teori kelistrikan
Mengenal komponen elektronika
Menggunakan komponen elektronika
Menerapkan konsep elektronika digital
Menerapkan sistem bilangan digital
Menerapkan elektronika digital untuk komputer
5.        Menerapkan Fungsi Periferal dan Instalasi PC Mengidentifikasi macam-macam periferal dan fungsinya
Menyambung / memasang periferal (secara fisik) dan periferal setup menggunakan software
Melakukan tindakan korektif dan melaporkan hasil perawatan periferal sederhana
6.        Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC dan PeriferaL Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
Memilah masalah berdasarkan kelompoknya
Mengisolasi permasalahan
7.        Melakukan Perbaikan dan/ atau Setting Ulang Sistem PC Menjelaskan langkah perbaikan PC yang bermasalah
Memperbaiki PC
Memeriksa hasil perbaikan sistem PC
8.        Melakukan perbaikan Periferal Menjelaskan langkah perbaikan periferal yang bermasalah
Memperbaiki periferal
Memeriksa hasil perbaikan periferal
9.        Melakukan Perawatan PC Menjelaskan langkah perawatan PC
Melakukan perawatan PC
Memeriksa hasil perawatan PC
Melakukan tindakan korektif dan melaporkan hasil perawatan PC
10.     Melakukan Instalasi Sistem Operasi Berbasis Graphical User Interface (GUI) dan Command Line Interface (CLI) Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface)
Melaksanakan instalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) sesuai installation manual
Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi berbasis CLI (Command Line Interface)
Melaksanakan instalasi sistem operasi berbasis Text sesuai Installation Manual
11.     Menginstalasisoftware Menjelaskan langkah instalasi software
Melaksanakan instalasi software sesuaiInstallation Manual
Mengecek hasil instalasi menggunakan software(sampling)
Melakukan troubleshooting
Level 2 12.     Melakukan instalasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network) Menentukan persyaratan pengguna dan pengenalan perangkat LAN
Membuat desain awal jaringan
Melaksanakan instalasi LAN dan mengkonfigurasi TCP/IP
Mengevaluasi lalu lintas jaringan
13.     Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC yang tersambung Jaringan Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
Menganalisa gejala kerusakan
Melokalisasi daerah kerusakan
Mengisolasi permasalahan
14.     Melakukan Perbaikan dan/ atau Setting Ulang Koneksi Jaringan Menjelaskan langkah persiapan untuk setting ulang koneksi jaringan
Melakukan perbaikan koneksi jaringan
Melakukan setting ulang koneksi jaringan
Memeriksa hasil perbaikan koneksi jaringan
15.     Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface) dan Teks Mempersiapkan instalasi sistem operasi jaringan
Melaksanakan instalasi sistem operasi jaringan sesuai installation manual
Mengkonfigurasi jaringan pada sistem operasi
Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)
melakukan troubleshooting sederhana
16.     Membuat desain sistem keamanan jaringan Menentukan jenis jenis keamanan jaringan
Memasang firewall / perangkat keras/lunak keamanan jaringan
Mengidentifikasi pengendalian jaringan yang diperlukan
Mendesain sistem keamanan jaringan
Mengatur dan mengkonfigurasi perangkat keamanan jaringan
Menguji keamanan jaringan
17.     Mengadministrasi server dalam jaringan Memilih aplikasi untuk server
Memilih sistem operasi untuk jaringan
Memilih komponen server
Menetapkan spesifikasi server
Membangun dan mengkonfigurasi server
Menguji server
Memonitor kinerja jaringan.
18.     Merancang Web Data Base untuk Content Server Menentukan kebutuhan system
Menentukan prosedur recovery
Merancang Arsitektur Basis data
Mengklasifikasikan penggunaan basis data
Level 3 19.     Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network ) Menjelaskan persyaratan WAN
Mengidentifikasi spesifikasi WAN
Membuat disain awal jaringan WAN
Melaksanakan instalasi WAN
Mengevaluasi lalu lintas jaringan
Menyelesaikan disain jaringan
20.     Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network ) Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
Memilah masalah berdasarkan kelompoknya
Melokalisasi daerah kerusakan
Mengisolasi masalah
Menyelesaikan masalah yang timbul
21.     Melakukan Perbaikan dan/atau Setting Ulang Koneksi Jaringan Berbasis Luas (Wide Area Network ) Menjelaskan langkah persiapan untuk setting ulang koneksi jaringan
Melakukan perbaikan koneksi jaringan
Melakukan setting ulang koneksi jaringan
Memeriksa hasil perbaikan koneksi jaringan
22.     Merancang Bangun dan Menganalisa Wide Area Network Mengkonfirmasi kebutuhan klien dan perangkat jaringan
Meninjau masalah keamanan
Memasang dan mengkonfigurasi produk dan perangkat Gateway
Mengkonfigurasi dan menguji titik jaringan
Mengimplementasi perubahan
Nah , untuk RPL akan saya share di postingan yang lain. Salam Opreker ~


EmoticonEmoticon