Tips Memilih Prosessor Android Mu

Selamat pagi sahabat master , Dipostingan kali ini admin akan share untuk sahabat semua bagaimana sih memilih prosessor atau bagian dalam yang keren untuk smartphone sahabat semua . Jangan sampe salah pilih yaa  , Check It Out !

1. Perhatikan CHIPSET nya
Nah , Sebagian dari sahabat mungkin bingung apa sih itu chipset . Komponen yang satu ini merupakan base dari prosesor untuk mengatur segala komunikasi antar perangkat yang ada. Banyak sekali jenis dan tipe chipset yang beredar dimana sudah terkenal dengan ketangguhannya seperti Chipset MediaTek, Qualcomm Snapdragon, Helio, Intel dan lain sebagainya. semakin tinggi nilai seri dan tipe yang dikeluarkan oleh vendor maka semakin baik pula kinerja setiap chipset tersebut. Untuk perbandingan kualtias dari masing masing chipset akan admin share di postingan selanjutnya yaa .
2. Perhatikan FREKUENSI KECEPATAN nya
Tentunya sahabat pernah melihat dalam kemasan atau kotak penjualan smartphone ada tulisan prosesor 3,4GHz atau 2,8GHz kan ? disitulah letak frekuensi kecepatan dari sebuah prosesor. Kalau pada awal mula smartphone pintar dahulu prosesor dengan frekuensi 512KHz sudah terlihat begitu bagus namun sekarang ini beberapa vendor telah mengeluarkan jenis prosesor dengan frekuensi kecepatan yang diatas rata-rata mulai dari 1GHz sampai 8Ghz sudah tersedia. Jadi carilah frekwensi kecepatan terbesar , biar makin maknyoss sahabat .
3. CORE
Jumlah Core dalam sebuah prosesor juga sangat berpengaruh terhadap kinerja multitasking sebuah smartphone. dalam bahasa sederhana apabila semakin banyak core maka alur tugas bisa diatasi di setiap core yang ada tanpa harus menunggu dalam satu jalur core. Contoh sederhana, apabila ada pawai lalu tersedia 4 jalan yang bisa dilalui maka akan semakin bagus untuk trafik daripada hanya ada 1 jalan dengan jumlah pejalan yang sama banyak bukan ?. Nah, total core dalam smartphone sendiri saat ini mulai dari tingkat bawah sampai core teratas seperti Single core ( 1 core ), Dual core ( 2 core ), Quad Core ( 4 core ), Hexa core ( 6 Core ) dan Octa Core dengan 8 core didalamnya. Semakin banyak core maka semakin bagus juga kinerja sebuah smartphone.
4. GPU ( Graphics Processing Unit )
Untuk perangkat yang satu ini juga harus Sahabat perhatikan bila ingin membeli smartphone baru, karena fungsi GPU menentukan seberapa kualitas visual yang dihasilkan pada layar. Semakin bagus GPU maka semakin bagus pula tampilan yang dihasilkan. Banyak pecinta aplikasi game berat dengan kualitas 3D selalu melirik GPU dengan kualitas terbaik untuk hasil maksimal dalam proses rendering gambar. 

Nah , jangan sampai salah pilih yaa sahabat . Jadilah pembeli dan pengguna android yang cerdas , jangan hanya tertipu harga yang mahal tapi , carilah spesifikasi yang berkelas . Salam Opreker ~


EmoticonEmoticon