Perbedaan RAM dan VRAM

Selamat pagi sahabat master , apa kabar hari ini ? Semoga selalu sehat yaa sahabat . Nah , sahabat mungkin sudah sering mendengar kata RAM dan VRAM dalam dunia penyimpanan , tapi apa sahabat tau perbedaan dari kedua memori internal tersebut ? mari admin jelaskan , Check it Out !

RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Secara langsung dan tidak langsung aktifitas yg kita lakukan di PC akan mempergunakan memory yang ada. Tampak pada Task Manager > Memory Usage dapat terbaca proses apa yg sedang terjadi. Coba buka lah salah satu aplikasi yg ada di PC dan cek pada task manager, aplikasi yg baru saja anda buka tadi akan muncul pada task manager beserta jumlah memory yg dibutuhkan untuk aplikasi tersebut.


Sedangkan, VRAM adalah memori komputer yang digunakan untuk menyimpan data gambar yang ditampilkan di monitor komputer, yang bertindak sebagai buffer antara CPU dan kartu grafis. Bila ada gambar yang akan ditampilkan pada layar, gambar yang pertama dibaca oleh prosesor dan kemudian ditulis dengan VRAM. Data tersebut kemudian diubah oleh RAM digital-ke-analog converter (RAMDAC) menjadi sinyal analog yang dikirim ke layar. seluruh proses yang terjadi begitu cepat yang tidak dapat ditangkap oleh penglihatan manusia. Tidak seperti kebanyakan sistem RAM, VRAM adalah chip dual-porting, yang berarti bahwa saat layar membaca dari VRAM untuk memperbaharui gambar yang sedang ditampilkan, maka prosesor yang baru menulis gambar dengan VRAM, hal ini mencegah tampilan dari kerlip antara redrawing tampilan.

Jadi , kesimpulannya adalah memori RAM adalah memori yang merekam semua kegiatan kita selama menggunakan Komputer sedangkan VRAM adalah memori yang bekerja untuk bagian Visualnya atau secara bahasa sehari hari disebut sebagai memori bagian desain grafisnya . Jangan sampe salah lagi ya sahabat , Salam Opreker ~ 


EmoticonEmoticon