Mengenal Teknologi drone

Sahabat master , mungkin sekarang sedang nge trend nih yang namanya drone atau pesawat tanpa awak . Mari kita berkenalan dengan mahkluk berteknologi tinggi ini , check it out ~
Berdasarkan Wikipedia Drone atau Pesawat tanpa awak adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya, bisa digunakan kembali dan mampu membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya . Penggunaan terbesar dari pesawat tanpa awak ini adalah dibidang militer. Rudal walaupun mempunyai kesamaan tapi tetap dianggap berbeda dengan pesawat tanpa awak karena rudal tidak bisa digunakan kembali dan rudal adalah senjata itu sendiri.
Pada saat ini drone sangat digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satu fitur utama yang terdapat pada drone adalah kamera. Kamera yang terdapat pada drone dapat digunakan untuk mengambil foto atau merekam video. Hal ini tentu akan sangat berguna bagi Anda yang menjalankan bisnis fotografi atau membuka layanan jasa rekaman video. Fotografi komersial dengan menggunakan drone memungkinkan Anda untuk mendapatkan foto berbagai objek dari udara. Anda bisa menjual foto yang Anda ambil ke berbagai perusahaan mulai dari perusahaan properti hingga perusahaan koran atau majalah. Kamera yang terdapat pada drone juga memungkinkan fungsi drone sebagai sarana untuk membantu pengambilan video pada acara resepsi pernikahan. Saat ini, telah banyak penyedia jasa dokumentasi resepsi pernikahan yang menggunakan drone untuk mengambil gambar rekaman video pada acara resepsi pernikahan.
Drone juga bisa digunakan pada industri pertanian. Bila Anda memiliki kebun atau sawah sendiri, Anda tentu perlu memberikan pupuk atau pestisida pada kebun atau sawah Anda. Menyebarkan pupuk dengan menggunakan pesawat terbang tentu akan menghabiskan biaya operasional yang cukup besar. Anda bisa menggunakan drone yang bisa dioperasikan dengan biaya yang lebih rendah. Memanfaatkan fungsi drone pada sektor pertanian juga akan dapat menghemat waktu Anda karena pekerjaan Anda akan lebih cepat selesai. Drone juga dapat dioperasikan dengan mudah sehingga Anda bisa menyelesaikan pekerjaan Anda di sawah atau ladang secara lebih efisien.
Fungsi lain dari drone adalah sebagai fasilitas yang bisa digunakan untuk kepentingan riset atau penelitian. Beberapa jenis drone dilengkapi dengan fitur berupa kamera yang bisa digunakan untuk memonitor kondisi permukaan tanah. Beberapa jenis drone bahkan memiliki fitur yang bisa digunakan untuk mengukur arah angin serta kecepatan angin. Penggunaan drone untuk riset tentu akan semakin memudahkan ilmuwan dalam mengumpulkan data. Mengingat banyaknya fungsi drone yang bisa Anda dapatkan, tak heran bila saat ini penggunaan drone semakin meluas terutama di bidang usaha tertentu seperti bisnis fotografi atau di bidang pertanian.
Nah, berikut ini adalah istilah – istilah yang ada pada drone nih..
  1. TriCopter : Sebuah drone yang mempunyai 3 Motor, dan 3 Baling – Baling
  2. Quadcopter : Sebuah Drone yang mempunyai 4 Motor dan 4 Baling – Baling
  3. Hexacopter : Sebuah Drone yang mempunyai 6 Motor dan 6 Baling – Baling
  4. Octocopter : Sebuah Drone yang mempunyai 8 Motor dan 8 Baling – Baling
  5. RTF : Ready to Fly atau, pesawat sudah lengkap siap terbang, tanpa ada konfigurasi khusus
  6. Gyro Axis : Gyro Axis adalah sebuah sensor yang dapat membuat Drone menjadi stabil
  7. 4 Channel : Terbang ke atas, terbang ke bawah, terbang ke samping kiri, terbang ke samping kanan
  8. Headless : Semua sisi drone bisa jadi kepala, atau bagian depan
  9. FPV : Live stream Wi-Fi dari kamera ke media monitor, atau smartphone
  10. Kit Only : adalah Full badan pesawatnya saja tanpa elektrik
  11. Motor Brushless : adalah Dinamo Motor Elektrik tanpa Brushed, sebagai sumber pendorong/penarik pesawat
  12. Propeller :  Baling-Baling
Nah , itu sedikit mengenai drone sahabat . Lain kali kita bertemu lagi oke , Salam Opreker ~


EmoticonEmoticon