Mengenal CSS

Selamat siang sahabat , Apalah arti HTML tanpa sebuah CSS . Ibarat sayur tanpa garam , bukan ? Tapi apa kalian tau apa itu css ? mari kita berkenalan dengan CSS , check it out !

CSS Merupakan Salah Satu Bahasa Pemograman yang di gunakan untuk mempercantik dan mengatur Layout halaman web supaya lebih elegan dan menarik.

CSS adalah sebuah teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996. Awalnya, CSS dikembangkan di SGML pada tahun 1970, dan terus dikembangkan hingga saat ini. CSS telah mendukung banyak bahasa markup seperti HTML, XHTML, XML, SVG (Scalable Vector Graphics) dan Mozilla XUL (XML User Interface Language).



Pada desember 1996, W3C memperkenalkan Level 1 spesifikasi CSS atau juga dikenal CSS1 yang mendukung format, warna font teks, dan lain-lain. Kemudian, Mei 1998, W3C menerbitkan CSS2 yang di dalamnya diatur fungsi peletakan elemen. Dan sekarang, W3C telah memperbaiki dan meningkatkan Kemampuan CSS2 ke  CSS3.
CSS digunakan oleh web programmer dan juga blogger untuk menentukan warna, tata letak font, dan semua aspek lain dari presentasi dokumen di situs mereka. Saat ini, hampir tidak ada situs web yang dibangun tanpa kode css. Kalo Kata Kata - Kata nya "You are the css in my html" wkwkwk.
Pengenalan Dasar :
 Cascading Style Sheet terdiri dari Selektor, deklarasi, Properti dan Nilai. Seperti pada HTML, PHP dan bahasa pemrograman lainnya, CSS juga memiliki aturan yang menulis itu sendiri.
Contoh penulisan kode css :
Body {background-color: white;}
‘Body’ adalah Selektor, ‘{ }’ adalah deklarasi, ‘background-color’ adalah properti dan ‘white’ adalah nilai. Maksud dari kode diatas adalah mengatur warna latar belakang (background color) dari tag ‘Body’ sebuah halaman web.
Bagaimana Cara menggunakannya Kak?
Nah, untuk Menggunakan CSS ada Berbagai cara. Yuk, simak dan ikuti cara - cara berikut :
1. CSS sebagai atribut/elemen/bagian dari html.
contoh souorce code :
<div style="height: 200px;width: 200px;color: red;background-color: #fff;">
</div>
2. Dalam Tag Style. Biasa nya tag ini ada di atas tag </head> 
contoh source code :
<style type="text/css">
body{
//Untuk Mendesain Bagian Body
}
</style>

3. CSS dengan File terpisah .
contoh source code : 
<link rel="stylesheet" type="text/css" href="css/style.css">
  

Kode pada gambar diatas adalah kode html untuk memanggil kode css yang terpisah. Kode itu biasanya diletakkan dibawah elemen <title></title> pada sebuah file html. Dalam cara 3 ini, kode css berada pada file .css yang dibuat dengan cara yang sama yaitu dengan sofware notepad, namun diberi format .css.
Untuk Latihan cara 3 ini silahkan anda buat folder. Dalam folder itu anda buat lagi file .html, misalnya latihan.html . Lalu buat file css-nya misalnya style.css.
Dalam file latihan.html, silahkan ketikkan kode dibawah ini :
<html>
<head>
<title>Latihan</title>
<link rel=”stylesheet” href=”style.css” type=”text/css”/>
</head>
<body>
<div class=”download”>
<a href=”#”>Download</a>
</div>
</body>
<html>
Simpan, lalu buka di browser. File .html anda belum dihias karena kita belum menambahkan kode css kedalam file style.css. Jadi, silahkan masukkan kode seperti dibawah ini, tentu anda bisa merubah-rubahnya :
.download {
padding:5px 20px;
background:#000;
border:1px solid auto;
text-transform:uppercase;
font-size:20px;
}
setelah itu simpan, lalu refresh file latihan.html yang sedang dibuka di browser selamat mencoba . Salam Opreker~

referensi : wikipedia


EmoticonEmoticon