Smart Solution

Smart Solution
Oleh: Muhammad Nur Rachman

Aku Terpilih Sebagai Ketua Dalam Project Smart Solution dalam pelajaran IT , yang di ajarkan oleh Bu Rahma. Dan seperti biasanya , para Ketua (leader) di setiap kelompok mengingikan anggota yang terbaik agar ide-ide & kreatifitasnya sejalan. Namun berbeda dengan anggotaku yang mayoritasnya para pemalas dan di sekolahpun mereka tukang tidur dan juga ada dia jagoan di kelas ini. Awalnya Aku merasa kecewa dengan anggota kelompok yang diberikan bu.guru ini , karna Aku harus satu kelompok dengan mereka selama 3 bulan ini , ditambah ada Dia yang kurang Aku sukai. Aku Aden , Aku Adalah Orang yang cukup pendiam dan tidak banyak tingkah di sekolah , Aku berpakaian rapih namun memiliki masalah di rambut , Aku kurang menyukai rambut yang pendek. Teman yang Aku tidak suka itu bernama adul , Dia jagoan dikelas , tukang buly , namun Dia memiliki nilai yang sangat bagus dalam pelajaran apapun , tetapi Dia pemalas dan satu lagi anggotaku adalah Dono, Dia orangnya tidak suka bergaul / menutup diri .

cerpen tema smart solution




Aku selalu berusah menyatukan anggota kelompok yang isinya para pemalas ini dengan susah payah , karna mereka selalu ada alasan untuk tidak berkumpul , Cuma satu dari mereka yang selalu bias hadir , yaitu adul yang aku kurang sukai itu yang selalu hadir , dia menghargaiku sebagai ketua . hanya dia yang mau mendengarkan & bisa memahami apa yang sedang aku bicarakan. Namun di hari ini aku meminta adul untuk membantu menyatukan anggota kelompok setelah selesai bel sekolah dibunyikan , karna aku yakin semuanya pasti patuh pada perintah Adul ini. Dan benar saja dugaan ku semua hadir karna undangan dari Adul .

Dan ketika saat semua anggotaku berkumpul , Aku langsung memulai pembicaraan.

“Makasih udah nyempetin waktu “

“Ya emngnya harus kaya gini den , kan kita lagi kerja kelompok. ” Ujar Dono

“Yaudah Kalo Gitu , langsung saja kita harus membuat konsep dasarnya dulu baru melanjutkan kedalaman penulisan sytaxnya” ujar adul dengan wajah mulai memalas.

“Yasudah ini ada salinan & referensi waktu itu yang di ajarakan Bu.Rahma “ Balas aden sambil memberikan Flashdisk kepada dono. “cepat Copy don , Gua pengen pulang” balas adul .

“Oke selesaikan” lanjut adul , “Oke Bagus , sekarang tinggal pulang “ Balas Dono . “Ingat Besok Kumpul lagi , Jangan lupa deadlinenya tanggal 21 Agustus ! ” Balasku sambil menegaskan.

Seperti kelompok lain , kami sering mencari referensi & ide-ide baru untuk project ini agar cepat selesai ,Namun sering kali kami saling beradu pendapat yang membuat , ketika kami berkumpul jadi hanya buang-buang waktu untuk saling beradu pendapat yang kurang penting ini.Namun begitulah kami seperti ini,setelah kurang lebih saling mengetahui keahlian masing –masing barulah Aku membagi mereka kedalam tugas yang harus diselesaikan. “Dul , Ngerjain bagian design ya ? “

“Oke Kapten “Balas Adul dengan wajah yang bersemangat , “Sisanya tinggal Aku & Dono cari materi untuk isi web & system web nanti “.

“Yasudah deh “ Balas Dono dengan malas , Kami sering bertemu di hari sabtu untuk melihat perkembangan Bagaimana web dan system yang kita kerjakan , dan menurut aku project ini sangat cepat berkembang karna dalam waktu 2 bulan sudah mencapai 50%.Kami merasa sudah cukup baik dalam pengerjaan tugas ini , jadi kami pikir dalam waktu kurang dari 3 bulan project ini akan selesai.

“Don , Project ini simpan di laptop mu ya ? “ kata adul , “Malas ah “ balas dono , “Ayolah tinggal 1 bulan doang simpan di lu ajah don ?”.

“Yasudah deh , sini copy kesini , setelah selesai di copy aku mau pulang udah sore nih” balas dono , “Oke dul ” balas aku.

Project kami tinggal hanya kurang dalam bentuk materi isinya saja , sisanya kira-kira sudah cukup bagus , tapi ketika hari senin pagi adul Datang dengan wajah panik , Dia bercerita kalo laptopnya dimaling semalam , seketika aku & adul terdiam karna memikirkan semua project selama ini ada dilaptopnya. “Kok Bisa Don ? ” kata adul dengan wajah emosi , “Namanya juga musibah dul “ balas dono . “Yasudah berarti kita mesti buat dari awal , kita udah tau konsepnya tinggal membuat seperti yang pertama itu . ” balas aku agar mereka tidak terbawa emosi , “Bikin ajah sendiri , cape gua ! ” dengan nada tinggi Adul membalas , lalu Adul pergi meninggalkan Dono. “Sudah Don , biarkan dulu si Adul ntr kalo udh aga tenang baru kita ajah bicara lagi “ . “Oke Den , Maaf ya “ . Balas Adul.

“Iyah , gpp namanya juga musibah dul “ . Setelah seminggu berlalu kita tidak berbicara soal project ini , Aku sebagai ketua harus berusaha menyatukan Adul & Dono karna mereka sebagai anggota kelompok aku. Aku mencoba menghampiri si adul “Dul ?”.

“Apa Den ? ”.

“Ayo kita terusakan project ini ? ”.

“Gak bisa , merasa putus asa gua den . ”

“Ayolah Tenang pasti bisa ko , kita udah pernah melakukannyakan ? Project itukan udah 50% ayo sedikit lagi”

“Oke baiklah , Kita bergerak cepat ya ? ”

“Siap Bos , tolong maafkan si Dono , itukan musibah ”

“Sebenarnya sudah aku maafkan , hanya aku tidak terima hasil usaha yang aku buat hilang begitu saja ”

“Aku mengerti ko dul “

“Baiklah sabtu sekarang kita berkumpul untuk membuat project yang baru , waktu tinggal 1 bulan lagi , pasti selesai !”

“Oke kapten”

Ketika hari sabtu , kami langsung bergegas mengerjakan & mengcoding program untuk project ini , karna awalnya kami pernah membuatnya jadi untuk membuat seperti yang sama lagi terasa begitu mudah dan tidak terasa , meskipun kami mengerjakannya sambil bermalas – malasan. Tapi ini pasti selesai sebelum tanggal 21 Agustus. Kali ini sangat mudah karna semua ide-ide kami sudah bersatu , dan sudah mempunyai konsep yang sama , yang membuat kami tidak perlu lagi untuk mempermasalahkan soal ide – ide atau konsep project ini , setiap sabut dan pulang sekolah kami sempatkan untuk berkumpul untuk meneruskan project ini.

“Semangat kawan , 1 minggu lagi deadline !” Ujar Aku memberikan semangat kepada mereka ,

“Aku berpikir tugas ini tidak akan mudah diselesaikan karna waktu itu ada musibah yang menimpa Dono , tapi mungkin ini berkat usaha dan kerja keras anggota ini dan mungkin tugas ini akan segera selesai karna project ini tinggal penyelesaian dalam hal konten atau isinya saja , semoga saja hasilnya tidak mengecewakan Adul dan Dono “ berbicara di dalam hatinya .

Tanpa terasa tinggal mengitung hari saja tugas ini akan dikumpulkan kepada Bu rahma . Kami sungguh tak percaya bisa mengerjakan project secepat ini.

Tibalah tanggal 21 untuk mengumpulakan tugas ini , aku merasakan perasaan yang bagus tentang project ini ,

“Semoga hasilya tidak mengecewakan “ aku berbicara di dalam hati.

Kami sudah berusaha semaksimal mungkin , semoga hasilnya bagus, kami yakin telah melakukan usaha yang terbaik , jadi kami percaya diri atas apa yang kami kerjakan.

Ketika pulang sekolah kami berkumpul di ruangan MTK.

“Selesai Sudah Tugasku sebagai ketua kalian ” Aku memulai pembicaran.

“Makasih atas kerjasamanya kawan ” lanjutku lagi ,

“Tenang ajah kapten” balas Dono & Adul.

“Yakin hasilnya pasti bagus” lanjut Adul.

“Aminnn Dul” balasku.

Setelah perbincangan sesaat itu kami langsung pulang kerumah masing-masing. Kami bangga atas apa yang telah kami kerjakan , tinggal Allah yang menentukan hasilnya.


EmoticonEmoticon