Perkembangan Andorid Dari Alpha sampe Marshmellow

Selamat Siang gan , kita dari kemaren ngomongin tutor android . Emang pada tau sejarah android ? nih gan ane kasih deh di postingan kali ini info soal sejarah perkembangan dari Alpha sampe ke Marshmallow .
Android versi marshmallow kitkat jelly bean
Android didirikan pada 5 November 2007 dan menjadi OS paling populer dan mendominasi pada pengguna smartphone. Ini bukanlah hal yang mudah untuk menjadikan sebuah perangkat smartphone nomor 1 di dunia. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjadikan sebuah ponsel pintar idaman seperti saat ini. Tidak hanya berhenti di situ, android berkembang dengan cepat dengan versi yang berbeda pula dengan fitur yang lebih canggih. Dari android Cupcake version 1.5 yang pertama dengan fitur yang menarik pada zamannya hingga Marshmallow version 6.0 yang merupakan versi terbaru pada tahun 2015 ini.

Perkembangan android hingga versi 6.0 marshmallow

1.Android Cupcake version 1.5
Android mempunyai alpha dan beta untuk T-mobile’s G1 sebelum di rilis. Cupcake adalah nama versi pertama OS android ini. Dari versi pertama ini android menyuguhkan fitur yang menyenangkan. Anda dapat mengupload video ke youtube, atau foto ke picasa dilengkapi widget yang mempermudah anda dalam mengakses sebuah fitur. Android juga mengaplikasikan virtual keyboard yang menjadikan pengalaman pertama menyenangkan bagi penggunanya.
Android membuat T-mobile G1 menjadi sesuatu yang menarik hingga tahun 2009. Ini hanyalah awal yang sederhana, android mempunyai pekerjaan untuk menjadikan sebuah OS yang lebih canggih.
2.Android Donut version 1.6
Dengan hadirnya android donut, banyak pengguna mulai meninggalkan versi OS android sebelumnya. Android melakukan pembaruan dan menambahkan fitur baru di versi 1.6 ini, yaitu text-to speech dan kompatibilitas CDMA (halo verizon). Pembaruan ini mulai di aplikasikan di semua headset sekitar Oktober 2009.
3.Android Eclair version 2.0
Untuk Eclair, kamera mendapat sedikit TLC dengan beberapa dukungan yang sangat dibutuhkan seperti: flash, digital zoom, dan fitur white balance dan bagaimana dengan tampilan live wallpaper. Google juga menempatkan beberapa pemikiran ke dalam smart keyboard yang bisa pilih nama kontak sebagai saran. Ini bukanlah update terbesar dalam sejarah Android, tapi mungkin salah satu pembaruan yang lebih nikmat bagi penggunanya saat itu.
4.Android Froyo version 2.2
Dengan Froyo, akan menambah kecepatan mengakses perangkat android anda.Gizmodo Matt Buchanan mengatakan tentang pembaruan Android terbaru: “Meningkatkan kecepatan pada 2,2 fantastis, tapi apa yang membuat update Froyo  benar-benar hebat? Adalah bahwa ia mengencangkan baut semua di seluruh platform yang telah berkembang menjadi produk nyata, pada tingkat yang sangat berbeda dari tahun pertama ... android 2.2 adalah versi pertama Android yang terasa benar-benar lengkap.ia melakukan seperti seharusnya dan memiliki sebagian besar fitur yang semestinya. Ini tidak cukup pada titik ibu saya bisa menggunakannya tanpa kurva belajar genting, tetapi Anda dapat melihat bagaimana hal itu akan menjadi lebih baik. Ini aman untuk mengatakan bahwa dengan Froyo, Android telah menjadi sesuatu yang kebanyakan orang benar-benar dapat menggunakan-dan cinta.”

Desain masih sedikit kikuk dibandingkan dengan kompetisi lebih ramping dan elegan, tetapi hal-hal sederhana seperti menambahkan dermaga bawah untuk akses cepat ke dialer dan aplikasi drawer mulai menunjukkan bagaimana Android membuat merangkak lambat ke arah untuk membuat lebih nyaman untuk penggunanya.
5.Android Gingerbread version 2.3
Di mana beberapa update terakhir telah meningkatkan fungsi, Google akhirnya mengambil waktu sejenak untuk melihat bentuk pada akhir 2010. antarmuka pengguna yang dirombak dengan tema gelap yang juga terus kecepatan uptick Android. Tapi itu tidak berarti fitur baru benar-benar disertakan. Android menambahkan dukungan untuk NFC, download manager yang super berguna, dan bahkan hal-hal sederhana seperti memperbaiki fitur copy dan paste.

Sayangnya, ini adalah ketika software menguliti berada dalam ayunan dan saham Android mulai surut ke belakang. Hanya segelintir handset, seperti Google Nexus S, Nexus One, dan G2 T-Mobile, bahkan melihat perubahan ini seperti yang dirancang di atas.

6.Android Honeycomb version 3.0
Honeycomb lebih terfokus pada satu hal dan hal itu adalah tablet. IPad dirilis hanya beberapa bulan sebelumnya pada  2010, dan Android diperlukan sebuah OS yang bisa bersaing dalam faktor bentuk yang lebih besar tidak cocok untuk saku Anda. Ini termasuk apa yang disebut Google "Holographic" interface dan keyboard lebih intuitif untuk perangkat yang lebih besar.
7.Android Ice Cream Sandwich version 4.0
ICS reorientasi ke arah ponsel dengan update interface dan pembaruan lengkap tombol hardware. Dengan actionbar dan menambahkan tombol recent apps (bagaimana jika kita hidup tanpa itu ?!). Desain yang benar-benar merger dari Android tablet OS (Honeycomb) dan OS mobile (Gingerbread, Froyo, dll). Aplikasi yang lebih kuat, multitasking depan dan tengah, dan Anda bisa mulai benar-benar melihat kekuatan-kelas komputer yang sedang dikemas dalam smartphone. Bahkan, kami sangat terkesan bahwa kita menyebutnya "Upgrade Android paling signifikan sampai saat ini."
8.Android Jellybean version 4.1
GOOGLE NOW! Serius, itu fitur favorit saya dari Android dan rilis di mana saya mulai melihat iPhone 3GS saya yang kurang menyukainya. Jellybean super-improved voice assistant yang ditingkatkan ketika mencari dan pemberitahuan akhirnya lebih smooth, menawarkan konteks yang lebih dari menu drop-down.

Homescreen juga mendapat perubahan dan sekarang widget bisa diubah ukurannya dan ditempatkan di mana saja. Android lebih mudah disesuaikan dan canggih dari sebelumnya.
9.Android Kitkat version 4.4
Lebih dari satu tahun sampai Android pindah dan merilis versi berikutnya (meskipun Jellybean itu terus ditingkatkan hingga musim panas 2013) dan meluncurkan KitKat pembaruan dengan Nexus 5 pada Halloween tahun 2013. Google Now sekarang lebih baik dari sebelumnya dengan beberapa kemampuan prescient abilities yang mencoba untuk menebak apa yang pengguna inginkan sebelum mereka bertanya, dan Hangouts ditingkatkan dengan beberapa kemampuan SMS yang sangat dibutuhkan.

Yang paling penting, KitKat OS mempunyai kecepatan akses, yang hanya dengan 512MB RAM bisa menjalankan OS dengan lancar. Ini berguna untuk mendorong Android ke pasar ponsel murah dengan Salah satu program Android yang hampir sempurna.
10.Android Lolipop version 5.0
Hello Lollipop dan halo modern Android. Klaim terbesar Lollipop untuk ketenaran adalah reimagining dramatis dari sistem operasi Android yang mulai kembali dengan Ice Cream Sandwich. Ikon, animasi, dan menu multitasking yang sepenuhnya diperbarui dengan pendekatan Material Desain Google, dan lockscreen Android menjadi jauh lebih berguna dengan integrasi pemberitahuan yang lebih baik. Google terus mengembangkan Google Now untuk pengembang pihak ketiga dan untungnya menambahkan "mode diam" kembali untuk pemberitahuan.
11.Android marshmallow version 6.0
Dan kita akhirnya tiba di Android Marshmallow, yang semua tentang pengembangan dan tidak begitu banyak makeover. Tapi itu tidak dengan beberapa tambahan mengagumkan, termasuk cara baru menangani izin aplikasi, dukungan sensor sidik jari baru dan ditingkatkan Google Now, dan legal. Juga memperpanjang waktu penggunaan baterai Google dengan Doze dan bundling di Sensor Android Hub di smartphone terbaru Nexus, yang berarti Anda akan mendapat daya tahan baterai seharian tanpa perlu mengeluarkan kabel pengisian.
Itulah sedikit ulasan mengenai perkembangan android yang begitu pesat. Dapat dsimpulkan bahwa android menjadi OS paling populer dikalangan masyarakat menengah keatas, dan dapat menemukan keasikan tersendiri jika kita menggunakan android, dikarenakan sistem ini terus mengupdate dan menyempurnakan fitur agar pengguna tidak meninggalkannya. Demikianlah pembahasan saya mengenai perkembangan OS android hingga versi 6.0 marshmallow. Perlu anda ketahui bahwa banyak hal positif dan negatif di era digital ini. Kita harapkan pengguna lebih menyikapi hal positif dengan adanya perangkat pintar ini dan mengabaikan hal negatif yang terdapat di era digital, jadi waspadalah...waspadalahhh....
 
source : http://www.androdot.id/2015/11/perkembangan-android-hingga-versi-60.html


EmoticonEmoticon