Perbedaan Byte dan Bit

Selamat siang sahabat master , Banyak sekali saat ini perdebatan tentang Byte Dan Bit dalam kepala sahabat . Sebenarnya apakah Byte dan Bit Itu adalah satu hal yang sama ? atau apakah mereka kedua berbeda . Nah , Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Byte dan Bit

Apa itu bit? 
Bit adalah kependekan dari "Binary Digit", yang berarti digit biner. Binary digit adalah unit satuan terkecil dalam komputasi digital. 

Komputer tidak menggunakan angka desimal untuk menyimpan data. Semua data komputer disimpan dalam angka-angka biner. Hanya 2 nilai berbeda yang bisa dinyatakan satu bit, entah nilai 0 atau nilai 1. Dalam telekomunikasi digital juga demikian, semua level tegangan diubah menjadi bentuk data biner. 

Istilah "binary digit" atau "bit" diperkenalkan oleh John Tukey di tahun 1947, saat itu ia bekerja sebagai seorang ilmuwan di Bell Laboratories. Sejak saat itu istilah 'bit' terus digunakan di dunia komputer.

Lalu apa itu Byte? 

Satu byte adalah 8 satuan bit yang digabung menjadi satu. Jadi byte adalah satuan informasi yang lebih besar dari bit. Istilah 'byte' pertama diciptakan dan digunakan oleh Dr. Werner Buccholz di tahun 1956, saat itu ia bekerja sebagai seorang ilmuwan di IBM. 

Sistem bilangan desimal didasarkan pada 10 angka (0 sampai 9), sistem bilangan biner hanya memiliki 2 angka yakni angka 0 dan angka 1. Semua data yang diproses oleh komputer memiliki bentuk angka-angka 0 dan 1. Dalam komunikasi digital, kedua nilai ini mewakili level tegangan. Salah satu penerapannya, nilai biner 0 digunakan untuk menyatakan ketiadaan voltase, dan nilai biner 1 untuk voltase positif konstan. 

Kalau sahabat pernah nonton film sci-fi 'Matrix', anda mungkin ingat bagaimana dunia matrix dilihat oleh karakter utama 'Neo', dunia matrix terlihat dibentuk atas angka-angka 0 dan 1. Begitulah sebenarnya komputer melihat data, yang merupakan aliran angka-angka 0 dan 1. 

Bagaimana membedakan Byte Dan Bit?

Cara membedakan Byte dan Bit adalah dengan melihat penulisan dari keduanya , Biasanya Byte ditulis dengan menggunakan huruf 'B' kapital sedangkan Bit ditulis menggunakan huruf 'b' kecil . Hal ini menandakan bahwa satuan dari Byte lebih besar dari pada Bit . Nah , sekarang jangan sampai salah paham lagi Sahabat mengenai Byte dan Bit . Oke sampai jumpa lagi dipostingan kami selanjutnya , Jangan pernah lupa untuk bersyukur . Salam Opreker ~ 


EmoticonEmoticon