Merebaknya Berita Hoax di Internet

Akhir - akhir ini media media sosial dan internet dipenuhi dengan berita yang berbau palsu. Berita seperti ini pasti ada tujuan di belakangnya, karena kalau ada sesuatu hal pasti ada tujuan dari hal tersebut. Sama halnya seperti berita hoax ini, kalau di media sosial atau di internet banyak disebarkan berita hoax pasti dibalik itu semua ada tujuannya.

penyebab menyebarnya berita hoax

Anggota DPR RI, Benny Kabur Harman mengakui bahwa tujuan dari berita hoax ini adalah politis. Ia percaya ada pihak - pihak yang takut menjatuhkan lawan politiknya secara terbuka, sehingga memanfaatkan berita palsu.

Berita palsu ini harus difilter bahkan seharusnya dilarang. Dengan menyebarnya berita palsu ini akan terjadi dampat buruk terhadap Indonesia, terlebih lagi dalam masyarakatnya. Dalam alur penggunaaan internet sebagian masyarakat tujuannya adalah mencari informasi yang mereka anggap menarik. Orang akan membaca sebuah artikel yang di anggapnya menarik tanpa memerhatikan keaslian artikel atau informasi itu. Sehingga hal selanjutnya yang terjadi akan adanya caci maki dan saling menjatuhkan.

Hal seperti ini sangatlah berbahaya dan yang dikhawatirkan akan terjadinya perpecahan dalam lingkungan masyarakat. Indonesia adalah negara kesatuan. Indonesia adalah negara yang memiliki semboyan bhinneka tunggal ika. Indonesia merupakan negara yang menggunakan demokrasi pancasila.

Jika dalam masyarakat Indonesia ini terjadi pertikaian hanya karena berita hoax, hanya karena ingin merasa yang paling menang, lantas dimana penerapan dari semboyan bhinneka tunggal ika? lantas dimana aksi dari ikrar sumpah pemuda yang tiga itu? Kita ini satu bangsa, satu tumpah darah dan satu bahasa yaitu Indonesia. Sudah seharusnya kita membangun bangsa ini dengan kebersamaan, dengan saling bersosialisasi tanpa harus menjatuhkan satu sama lain sudah pasti bangsa ini akan terbangun dan terbentuk menjadi bangsa yang damai dan tenteram.

Sudah semestinya kita menjaga dan memperjuangkan apa yang telah diperjuangkan dulu ketika bangsa ini dijajah. Bangsa kita mati - matian membela negara kita agar terbebas dari belenggu para penjajah, lalu kita membiarkan bangsa ini terjadi perpecahan? Dimana hati nurani manusia kalian? Ingat manusia itu sangat mulia lalu kalian jadikan diri kalian itu dengan hal - hal buruk? Sungguh ironis sekali, seharusnya manusia dapat berpikir dengan baik dan dapat membedakan mana yang baik dan yang buruk.

Sulit untuk merubah pola pikir mereka yang seperti itu, tapi kita harus siap untuk menjadi diri yang baik untuk membangun bangsa ini, untuk memperjuangkan dan membela bangsa ini agar suatu saat generasi yang akan datang tahu bagaimana memperjuangkan bangsanya. Siap atau tidak harus siap, setuju? Salam hangat mastertutorial


EmoticonEmoticon