Mengenal Tipe Data Dalam MYSQL (2)

Selamat siang sahabat master , ketemu lagi di postingan saya mengenai Tipe data dalam MYSQL . Sebelumnya kita telah membahas tentang tipe data yang pertama yaitu INTEGER  ( baca : Mengenal Tipe Data Dalam MYSQL (1) ) . Mari kita lanjut ke tipe data yang kedua yaitu DATE and Time . 
  

"Apa itu tipe data Date and Time ?"
Date and time adalah sebuah tipe data yang menampung nilai berupa tanggal dan juga waktu yang ditampung kedalam suatu variabel bebas . Tipe data ini terbagi lagi kedalam beberapa bagian , check it out .. 

  • DATE 
Tipe data ini bisa sahabat gunakan untuk menyimpan nilai pada variabel dalam format Year:Month:Day atau YY:MM:DD . Sahabat bisa menggunakan tipe data ini tanpa perlu mengisi kolom length pada pilihan di mysql . 

  • TIME
Kali ini sahabat bisa menyimpan nilai suatu variabel berupa satuan waktu dalam tipe data Time . Tipe data Time sangat dianjurkan karena memiliki format untuk waktu , HH:MM:SS (Hour : Minute : Second)

  • DATE and TIME
Dari namanya saja mungkin sahabat sudah bisa mengira tipe data ini , Ya ini adalah perpaduan antara Date dan juga Time . Jadi sahabat bisa menyimpan nilai variabel yang bernilai tanggal dan juga waktu dalam satu tipe data saja . Format untuk tipe data ini adalah YY:MM:DD , HH:MM:SS . 

  • YEAR
Karena namanya hanya Year atau berarti Tahun , Tipe data ini  berguna untuk menyimpan suatu nilai variabel data Tahun .

Nah , jadi jangan sampai salah menggunakan tipe data lagi ya sahabat . Mulai saat ini bijak lah dalam menentukan tipe data yang mana yang bisa sahabat gunakan untuk menyimpan data bernilai waktu maupun tanggal . Sampai berjumpa lagi di postingan kami lainnya , Salam Opreker ~ 
 


EmoticonEmoticon