Belajar Mengenal Bahasa Pemrograman PHP

Yukk Kita Mengenal Pemrograman PHP

Selamat sore sahabat master, salam berjumpa setelah beberapa hari tidak membuat artikel karena kehabisan kuota. Karena sedang mencari - cari yang tidak pasti Mastertutorial akan membagikan artikel untuk mengenal pemrograman PHP. PHP yang akhir - akhir ini atau di tahun ini populer di negara Indonesia mampu menyaingi pemrograman Java.

                                 

Pada awalnya, PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page, yang dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada saat itu, PHP masih bernama Form Interpreted yang wujudnya hanya sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web. Kemudian Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamainya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber sebagai sumber terbuka, banyak pemrograman yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP

Pada November 1997, dirilis PHP 2.0. Pada versi ini, PHP sudah diimplementasikan dalam program C, juga disertakan modul - modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP secara signifikan. Pada tahun 1997, perusahaan bernama Zend menulis ulang PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian, pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi PHP: Hypertext Preprocessing.

Sampai saat ini versi PHP terus berkembang untuk versi yang baru adalah versi 7. PHP sendiri merupakan bahasa pemrograman yang berbasiskan website. Sudah banyak situs-situs terkenal menggunakan bahasa yang satu ini, contohnya saja Facebook.

PHP memiliki beberapa sifat dan kelebihan dari yang lain, diantaranya:
  • Bahasa pemrograman PHP tidak memerlukan kompilasi dalam menjalakannya
  • Banyak web server yang mendukung bahasa PHP, serperti Apache, IIS, Lighttpd, dan lain - lain
  • Bahasa pemrograman PHP mudah dikembangkan
  • Dalam sisi pemahaman, PHP merupakan salah satu bahasa yang mudah dipahami karena memiliki referensi yang banyak
  • PHP merupakan bahasa pemrograman open source sehingga dapat digunakan di berbagai jenis perangkat dengan sistem operasi yang berbeda
Ada juga framework-framework PHP yang dikembangkan saat ini. Sebelumnya, framework sendiri merupakan pengembangan dari object oriented programming yang berbasiskan MVC(model view controller). Apa saja framework tersebut?
  • Cake PHP
  • YII
  • CI (Code Igniter)
  • Laravel
Daftar diatas adalah framework yang sering digunakan sampai saat ini walaupun untuk cake PHP mungkin sudah sedikit. Sebenarnya, masih ada framework PHP lainnya lagi.tapi hanya disebutkan empat saja ya. Dari banyaknya framework PHP, yang saat ini paling banyak digunakan oleh programmer indonesia yaitu Laravel.

Nah, sudah cukup jelas bukan mengenai PHP. PHP memang terkenal di Indonesia saat ini sebagai bahasa pemrograman, untuk mempelajarinya pastinya memerlukan waktu karena tidak ada sesuatu yang instan seperti mie instan sekalipun perlu dimasak terlebih dahulu. Happy Coding


EmoticonEmoticon