5 Tips Mengatasi Gugup Ketika Pidato

mengatasi demam panggung

5 Tips Mengatasi Gugup Ketika Pidato

Pidato merupakan suatu kegiatan menyampaikan sesuatu atau pendapat terhadap para audisi atau pendengar. Pidato biasanya disampaikan diatas mimbar. Dalam menyampaikan pidato ada 3 cara:
  1. Menghapal seluruh teks pidato
  2. Membawa sebuah catatan kecil dari inti pidato
  3. Membawa seluruh teks 
Dari cara penyampainya sebuah pidato ada 3 cara, namun ketika menyampaikan pidato ada rasa gugup atau yang sering disebut demam panggung. Demam panggung yaitu ketidakterbiasaan seorang pembicara ketika berada di depan umum.

Demam panggung memang sedikit sulit untuk dihilangkan namun kali ini Mastertutorial akan membagikan 5 tips mengatasi demam panggung ketika berpidato

1. Latihlah Berbicara di Depan Cermin

Tips yang pertama tidaklah terlalu sulit, namun perlu sedikit waktu. Cobalah untuk melatih berbicara di depan cermin tanpa ada rasa malu atau gugup sekalipun biasanya lambat laun akan terbiasa untuk berbicara di depan banyak umum

2. Persiapkan Mental dan Fisik Sebelum Berpidato

Mempersiapkan mental dan fisik sangatlah penting sebelum berpidato kalau tidak bisa kacau ketika berpidato nanti. Apabila mental dan fisik atau salah satu dari mental dan fisik tidak siap biasanya pikiran akan keluar saat berpidato. Cukup dengan istirahat yang cukup dapat menyiapkan fisik dan mental.

3. Cobalah Datang 5 - 15 Menit Sebelum Berpidato

Datang 5 sampai 15 menit sebelum pidato berfungsi untuk lebih mempersiapkan diri sebelum hendak berpidato. Hal ini juga sangat penting karena apabila seorang yang akan berpidato datang satu menit sebelumnya hal tersebut akan membuatnya tergesa - gesa dan menjadi gugup.

4. Berpidato Dengan Tempo dan Nada yang Baik

Dalam berpidato ada perlu adanya tempo dan nada yang baik. misalnya, ketika berpidato dengan tema perjuangan, maka nada yang digunakan biasanya sesuai dengan temanya entah itu semangat atau hormat.

5. Niatkan, Yakinkan , Percaya Diri dan Lakukan

Sebagai seseorang yang akan menyampaikan pidato perlu yang namanya motivasi. Motivasi dari Mastertutorial yaitu "Niatkan, yakinkan, percaya diri dan lakukan". Ketika Ada sebuah niat, niatkan dengan yang baik ketika niatnya baik maka kedepannya akan baik pula. Yakin dan percaya diri yaitu bahwa dalam diri itu yakin dan bisa untuk berpidato. Yang terakhir lakukan, lakukan dengan semaksimal mungkin karena hasilnya tidak akan menghianati perjuangan, sama halnya seperti kata "Katakan dan lakukan".

Itulah 5 tips mengatasi gugup ketika pidato. Semoga tips tips tersebut dapat memotivasi diri ketika hendak berpidato. Happy weekend dan selamat beraktifitas!


EmoticonEmoticon