Mengenal Pemrograman C#

Mengenal Pemrograman C#

Selamat malam semua, kali ini Mastertutorial akan membagikan artikel kembali, artikelnya berjudul Mengenal Pemrograman C#
penjelasan mengenai pemrograman c#

C#(csharp) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang beroritentasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .net framework.Microsoft.net framework adalah perantara agar aplikasi dengan bahasa pemrograman yang didukung dapat berkomunikasi dengan sistem operasi yang digunakan.

Baca Juga: Macam - macam Bahasa Pemrograman

Sejarah bahasa pemrograman C#

Bahasa C# diluncurkan pada tahun 2000 oleh microsoft. C# dikembangkan oleh tim yang dipimpin oleh anders hejlsberg.Dan berikut beberapa yang ditawarkan microsoft dalam pemrograman C#, antara lain :
  1. C# bersifat sederhana
    • C# dikatakan sederhana karena bahasa ini didasarkan kepada bahasa c dan c++ jika kita telah familiar dengan c dan c++ atau bahkan java. Kita akan menemukan aspek aspek yang begiru familiar, seperti statemenets, expression ,operators, dan beberapa fungsi yang diadopsi langsung dari c dan c plus plus , tetapi dengan berbagai perbaikan yang memubat bahasanya menjadi lebih sederhana.
  2.  C# adalah bahasa pemrograman ayng memiliki level aplikasi yang tinggi
    •  C# adalah bahasa pemrograman ayng memiliki level aplikasi yang tinggi
      Program C# merupakan sebuah solusi dari permasalahan masa depan dan masa kini , karena csharp merupakan bahasa high level interporability. Dan jika membahas C# secara tidak langusung juga membicarakan teknologi
  3. C# adalah bahasa pemrograman dengan keyword sedikit dan lebih mudah
    •  Kata kunci disini adalah merupakan fungsi ataupun kata dasar yang disediakan oleh compiler suatu bahasa pemrograman. Ahal ini membawa pengaruh semakin mudahnya kita menulis progaram denga c# pengaruh lain adalah proses seksekusi cepat
  4. C# bahasa pemrograman yang kuat dan flleksibel
    •  Dengan C# bisa menulis dan dikembangkan berbagai jenis program mulai dari os word processor , graphic processor , spreadsheets, ataupun compiler untuk suatu bahasa pemrograman.
Bahasa pemrograman C# mendukung atau bersifat object-oriented-programming disingkat OOP atau dalam bahasa Indonesia berarti pemrograman berorientasi objek. OOP bahasa C# memiliki kemampuan yang mendukung encapsulation, inheritance, polymorphism, abstraction. Kode C# ditulis dengan pembagian classes dan member method. Classes dan method dapat digunakan kembali jika ingin membuat aplikasi lainnya. Hanya dengan menambahkan kode kode yang dibutuhkan.

Baca Juga: Pemrograman Berorientasi Objek

Kekurangan C#
Kelemahannya dari bahasa C# perlu adanya ketelitian dalam penulisan program karena bahasa C# bersifat case sensitive(membedakan huruf besar dan huruf kecil). Karena sifatnya yang case sensitive membuat rumit dalam membuat program.

Itulah penjelasan mengenai pemrograman bahasa C#, sekedar mengetahui saja apabila anda seorang programmer fokuslah pada bahasa yang anda inginkan, tidak perlu berganti dengan bahasa yang lain. Namun, ada kalanya seorang programmer perlu mengetahui basic dari bahasa pemrograman lain untuk menambah wawasannya dalam pemrograman. Selamat bermalam minggu & Happy Coding


EmoticonEmoticon