Pemrograman Berorientasi Objek

-Object Oriented Programming- Assalamualaikum .. 
 Kali ini MasterTutorial akan membagikan artikel tentang Object Oriented Programming. Sebelumnya apa itu Object Oriented Programming . OOP Atau pemrograman beroritentasi objek adalah paradigma pemrograman yang berorientasikan objek . Semua yang data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus  dalam kelas - kelas dan objek.





Object
1. Semua benda di dunia nyata bisa dinaggap sebagai objek
2. Contoh seperti kursi, meja ,buku ,sepeda, komputer ,dll.
3. Penggambaran pemrograman berorientasi objek  sama dengan penggambaran di duna nyata.

Abstraksi dari sesuatu yang mewakili sesuatu yang ada di dunia nyata dan harus dapat dibedakan dengan objek lain.

Class
Class merupakan kumpulan objek – objek yang memiliki atribut yang sama, template untuk membuat objek , prototipe atau blue print yang mendefinisikan variabel – variabel dan mehod secara umum.

Analogi Class dan Object
Dalam proses memasak puding , class dianalaogikan sebagai cetakan tempat puding dibentuk sedangkan objek dianalogikan sebagai puding – puding hasil cetakan tersebut. 1 class sama dengan n buah objek. Artinya cetakan puding yang dipakai tersebut , merupakan class - class yang digunakan . dan objectnya adalah puding puding yang terbuat dari cetakan yang disebut class. Adapun contoh lainnya seperti proses membuat es batu .


Class vs Object = Data Type vs Variable?
Mengapa class vs object = data type vs variable? kenapa sama? yah, karena class adalah yang menampung object - object , dan object adalah yang di tampung oleh class itu sama saja seperti tipe data dan variabel. Misalnya tipe datanya integer variabelnya itu angka , variabelnya angka , tipe datanya integer , sama bukan seperti class dan object?.

Attributes
Attributes adalah data yang membedakan antara objek yang satu dan yang lainnya seperti mannusia adalah salah saru makhluk hidup, atriutnya status, berdat bada, dan tinggi badan. Di dalam class atribut disebut sebagai variabel.

Instance Variable 
Instance variable adalah atribut untuk tiap objek dari class yang sama. Tiap objek meyinpan dan mempunyai nilai atributnya sendiri. Tiap objekk dari class yang sama boleh mempunyai nilai yang sama ataupun berbeda.

Class Variable 
Class Variable adalah atribut untuk semua object yang dibuat dari class yang sama.
Semua objek mempunyai nilai atribut yang sama. Semua objek dari class yang sama mempunyai satu nila yang sama.

Behavior
Behavior adalah hal hal yang bisa dilakukan sebuah objek dari sebuah class. Digunakan untukk mengubah nilai atribut sebuah objek menerima informasi dari objek lain dan mengirim informasi ke objek lain untuk menyelesaikan suatu tas. Contoh pada objek manusia yaitu mengerjakan tugas,, mandi , tidur , makan. Dalam sebuah class , behavior sering disebut sebagai methods.


Methods
Methods adalah serangkaian statements dalam suatu class yang menghandle suatu task . cara objek berkomunikasi dengan objek lain menggunakana methods.

Tulisan - tulisan diatas sudah dijelaskan tentang OOP (Object-Oriented-Programming) sendiri. Lalu apa perbedaan OOP dengan bahasa prosedural. sebelum membahas ke perbedaan , saya akan menjelaskan bahasa prosedural terlebih dahulu.

Bahasa Prosedural
Pemrograman Prosedural adalah dilakukan dengan memberikan serangkaian perintah yang berurutan. Paradigma ini didasari oleh konsep mesin Von Newman (stored program concept) sekelompok tempat penyimpanan (memori), yang dibedakan menjadi memori instruksi dan memori data, masing-masing memori tersebut dapat diberi nama dan nilai, selanjutnya instruksi akan dieksekusi satu persatu secara sekuensial oleh sebuah proses tunggal.
Program dalam paradigma ini berdasarkan pada struktur informasi di dalam memori dan manipulasi dari informasi yang disimpan tersebut. Kata kunci yang sering digunakan dalam paradigma ini adalah:
Algoritma + Struktur Data = Program
Contoh bahasa pemrogaman yang menggunakan paradigma prosedural atau imperatif adalah: Bahasa-bahasa tingkat tinggi seperti Cobol, Basic, Pascal, Fortran, dan C/C++ mendukung kegiatan pemrograman prosedural, karena itu mereka dinamakan juga bahasa prosedural.
Pada pemrograman procedural, program dibedakan antara bagian data dengan bagian instruksi. Bagian instruksi terdiri atas runtutan (sequence) instruksi yang dilaksanakan satu per satu secara berurutan oleh pemroses. Alur pelaksanaan instruksi dapat berubah karena adanya pencabangan kondisional. Data yang disimpan di dalam memori dimanipulasi oleh instruksi secara beruntun atau procedural.
Perbedaan Fungsi Bahasa Prosedural dan OOP(Object Oriented Programming)

  • Bahasa Prosedural

  1. Serangkaian tugas diselesaikan dalam bentuk fungsi atau prosedur.
  2. Cara Pandang bahasa prosedur adalah suatu urutan intruksi
  3. Fungsi dan prosedur menjadi fokus utama
  4. fungsi dan prosedur digunakan untuk memanipulasi data.
  5. data Bersifat Pasif
  • OOP(Object Oriented Programming)

  1. Fungsi dan data bukan menjadi dua hal yang terpisah.
  2. Fungsi dan data menjadi satu kesatuan yang disebut objek aktif.
  3. Cara pandang . Program adaalah serangkaian objek yang bekerja sama menyelsaikan masalah.
Perbedaan Bahasa Prosedural dan OOP(Object Oriented Programming)

Prosedural adalah fokus terhadap cara komputer menyelesaikan tugas sedangkan oop fokus terhadap objek yang sedang digunakan.


Sekian dari Mastertutorial , salam hangat dan sampai berjumpa lagi

Sumber: Wikipedia

1 komentar:

Mantap kang artikelnya Cara Meninggikan badan, langsung saya praktekkan cara yang di atas tadi. Ini sangat cocok untuk orang orang yang pengen tinggi termasuk saya. Jadi artikel di atas sangat membantu dalam meningkatkan tinggi badan


EmoticonEmoticon