Mengenal Bahasa Pemrograman

-Mengenal Bahasa Pemrograman- Selamat pagi semuanya, bertemu lagi dengan Mastertutorial. Kali ini Mastertutorial akan membagikan artikel dengan berjudul "Mengenal Bahasa Pemrograman". Bahasa pemrograman sering disebut juga dengan bahasa komputer atau bahasa komputer. Sebelum masuk ke penjelasan tentang bahasa pemrograman sendiri, mari kita lihat tingkatan bahasa komputer.
Bahasa Pemrograman

Berikut adalah tingkat dalam bahasa komputer :

  • Bahasa mesin, kode kode yang memerintah komputer dengan biner.
  • Bahasa tingkat rendah, sering dikenal bahasa rakitan (assembly) , memberi perintah dengan kode singkat.
  • Bahasa tingkat menengah ,yaitu bahasa yang menggunakan intruksi campuran dengan intruksi manusia
  • Bahasa tingkat tinggi , yaitu bahasa yang memakai intruksi berasal dari unsur kata manusia.
Itulah tingkat dalam bahasa pemrograman komputer, lalu sekarang apa yang dimaksud dengan bahasa pemrograman itu sendiri? langsung saja Mastertutorial akan menjelaskan. Bahasa pemrograman adalah sebuah intruksi standar untuk memerintah komputer agar memiliki fungsi tertentu. Bahasa ini dapat menentukan secara persi data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data akan disimpan atau diteruskan dan jenis langkah yang akan dimabil dalam berbagai situasi.

Baca Juga: Pemrograman Berorientasi Objek

Fungsi Bahasa Pemrograman 
Fungsi bahasa pemrograman sendiri adalah memerintah komputer untuk mengolah data sesuai alur yang kita inginkan. Output dari bahasa pemrograman tersebut dapat berupa program/aplikasi. Contohnya program yang digunakan oleh kasir di mall, atau program lalu lintas.

Bahasa pemrograman sangat banyak macamnya di dunia ini, perkembangannya mengikuti inovasi yang dilakukan dalam ilmu teknologi. Contoh seperti bahasa pemrograman untuk membuat game,antivirus , web,  dan teknologi lainnya. Dalam penggunaan bahasa pemrograman harus sesuai perangkat dan fungsinya.

Lalu, bahasa pemrograman dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu :
  • Object Oriented Language , yaitu bahasa pemrograman yang menggunakan object ,seperti delphi,visual c
  • High Level Language , yaitu bahasa bahasa tingkat tinggi seperti pascal dan basic
  • Middle Level Language, yaitu bahasa tingkat menengah seperti bahasa C
  • Low Level Language , yaitu bahasa tingkat rendah seperti bahasa assembly.
Itulah sedikit penjelasan dan fungsi bahasa pemrograman yang Mastertutorial dapat bagikan. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa di postingan berikutnya.


EmoticonEmoticon